Written by

Mengintip Kehidupan Anjing Terlantar Di Rumah Singgah TPP

Shelter| Views: 1238

Sebelum berada di penampungan Rumah Singgah Ting Paopaoo (Rumah Singgah TPP), ada banyak anjing yang tidak terurus di luar sana. Bahkan ada yang penyakitan dan sekarat.

Tapi, sekarang setelah anjing-anjing terlantar ini berada di shelter, mereka dirawat dengan sangat baik, makan makanan yang layak, berada di kandang yang bersih, dan dimandikan secara teratur.

Rumah Singgah TPP merupakan shelter anjing yang dibuat oleh Ibu Ting Pingping seorang diri usai tersentuh hatinya setelah melihat banyak anjing yang terlantar (ada yang ditinggalkan oleh pemiliknya, dan ada beberapa yang hampir disuntuk mati oleh pemiliknya).

Pets.id TPP

Tim Pets.id Saat Berkunjung Ke Rumah Singgah TPP

Beberapa waktu lalu, tim Pets.id berkesempatan untuk berkunjung ke Rumah Singgah TPP dan bertemu langsung dengan Ibu Ting Ping Ping.

Di sana kami langsung melihat ratusan anjing dari bermacam ukuran dan ras, dari anjing yang sangat sehat sampai yang sakit, beberapa diantara mereka masih dalam proses penyembuhan, bahkan ada yang buta dan lumpuh akibat dianiaya oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Setelah kami berbincang-bincang santai dengan Ibu Pingping tentang kelucuan anjing-anjing yang berada di rumahnya, beliau kemudian bercerita sedikit soal awal mula tertarik dengan anjing:

“Awalnya saya itu tidak suka dengan anjing karena tidak suka dengan kotorannya, sampai akhirnya saya dikasih anjing oleh customer saya yang dinamai Ating. Karena tidak suka, maka suami saya yang selalu mengurus anjing itu. Sampai pada suatu hari suami saya keluar kota, saya terpaksa yang merawatnya,” kata Ibu Pingping mengawali ceritanya.

“Pernah suatu saat, pembantu saya naruh racun tikus di dapur dan anjing saya itu tidak sengaja memakan makanan yang sudah diberi racun tikus. Karena panik saya langsung bawa ke dokter hewan, untungnya kata dokter anjing saya gak kenapa-kenapa. Nah sejak dari situlah saya mulai tertarik dengan anjing. Saya merasakan adanya cinta dari binatang ini.. Kalau saya bilang ini cinta tanpa syarat.”

Rumah Singgah TPP

Ibu Pingping Bersama Dengan Anjing-anjingnya

Setelah berbicara panjang lebar tentang awal mula tertarik dengan anjing, Ibu Pingping kemudian bercerita soal bercerita tentang alasannya membuat Shelter yang saat ini menampung sekitar 347 anjing dari berbagai macam jenis ras. Secara keseluruhan Ibu Pingping sudah menyelamatkan sedikitnya 600 ekor anjing dari sejumlah lokasi.

“Alasannya bikin rumah singgah ini sederhana saja: Saya ingin menampung sementara anjing2 yang terlantar, terbuang, dan terancam hidupnya. Saya juga ingin mencarikan keluarga/rumah baru (adopsi) yang bisa memberikan kehidupan yang lebih baik bagi mereka sampai akhir hayat mereka.”

Rumah Singgah TPP

Beberapa Anjing Yang Ditampung Di Rumah Singgah TPP

Anjing-Anjing yang berada Rumah Singgah TPP, hampir semua berada dalam kondisi yang siap untuk diadopsi (sehat, sudah di beri obat cacing, vaksin dan berbagai virus serta steril bagi yang sudah cukup umur). Adapun teman-teman yang ingin mengadopsi harus setuju dengan syarat adopsi yang diajukan oleh Ibu Pingping:

  • Anjing untuk di pelihara sendiri sampai mati tua, bukan untuk diberikan kepada orang lain, dijual, apalagi dipotong.
  • Wajib vaksin dan steril ( menganti uang 1x vaksin dan steril Rp.500.000 untuk anjing campuran, dan Rp.1.000.000 untuk anjing ras)
  • Memberikan makan, minum dan tempat tidur yang layak, bila sakit harus segera di obati.
  • Tidak boleh dikandang lebih dari 7 jam perhari
  • Survei rumah calon adopter sambil membawa anjing, wawacara dengan anggota keluarga, bila tidak ada masalah anjing bisa langsung di berikan.
  • Boleh di kunjungi sewaktu2/kirim kabar/kirim foto sekali2 (untuk memastikan anjing selalu dalam keadaan baik).

Selain itu, teman-teman juga bisa berpartisipasi menjadi Orang Tua Asuh (OTA) untuk anjing-anjing di Rumah Singgah TPP ini dengan cara:

  • Untuk yang mampu bisa menjadi orang tua tunggal, bisa berdonasi sebesar Rp 300.000 untuk 1 ekor anjing.
  • Jika dirasa agak keberatan, Rumah Singgah TPP juga membuat program orang tua asuh 1 ekor anjing untuk 6 donatur jadi masing-masing bisa mendonasikan sebesar Rp 50.000 setiap bulan.
  • Selain berdonasi uang tunai, teman-teman juga bisa berdonasi berupa barang-barang keperluan anjing seperti shampo, obat-obatan, dog food, atau makanan anjing lainnya.
  • Untuk para donatur akan ada laporan setiap bulannya.
  • Untuk yang berminat berdonasi, bisa menginformasikan terlebih dulu kepada Ibu Pingping tentang anjing mana yang ingin dijadikan anak asuh atau soal yang lain-lainnya.

Kita bersyukur ada orang baik yang peduli dengan hewan-hewan terlantar seperti Ibu Pingping. Semoga apa yang dilakukan oleh Ibu Pingping dan Rumah Singgah TPPnya ini bisa mengisipirasi orang lain untuk juga peduli dengan hewan-hewan terlantar di sekitar mereka.

Pets.id juga ikut berpartisipasi dalam program donasi ini dengan cara: setiap pembelian dari web atau applikasi Pets.id, sebagian akan didonasikan kepada Rumah Singgah TPP.

We Love Pets, Do You? Spread It!

One Response to " Mengintip Kehidupan Anjing Terlantar Di Rumah Singgah TPP "

  1. Edmund says:

    Salut kepada ibu Ping Ping atas komitmennya kepada anjing terlantar. Ayo bantu perjuangan beliau dengan menjadi Orang Tua Asuh atau adopsi langsung ke tempatnya. Together we can make a difference!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pets are humanizing. They remind us we have an obligation and responsibility to preserve and nurture and care for all life. Agree? Spread the world!