cat

Written by

Memahami Mood Kucing Dari Bahasa Tubuh Mereka

News| Views: 1140

Bahasa tubuh kucing tidak selalu dipahami oleh manusia, para kucing berkomunikasi dengan menggunakan bau, suara, atau bahasa tubuh. Dengan semua itu, mereka mencoba memberitahukan perasaan mereka pada binatang lain ataupun pada manusia.

Dengan memahami gestur yang dikeluarkan oleh kucing kita, kita bisa mengetahui kondisi kesehatan dan cepat mengetahui jika mereka memang sedang bermasalah, dan bisa secepatnya mengatasi permasalahan mereka.

Walaupun tidak ada cara pasti bagi kita untuk tahu sepenuhnya setiap isyarat yang dikeluarkan oleh kucing kita, namun dengan metode penelitian yang dilakukan oleh pecinta kucing di seluruh dunia upaya penerjemahan bahasa tubuh kucing sudah sangat membantu. Berikut mengetahui mood kucing dari bahasa tubuh mereka:

Melalui Mata
Kucing merupakan binatang dengan mata yang ekspresif dan biasanya melalui mata mereka mengungkapkan perasaan mereka. Namun tentu saja mata mereka menyimpan makna yang berbeda-beda tergantung dengan kondisi yang sedang mereka alami.

Oleh karena itulah, sebaiknya cat owner mempalajari bahasa tubuh lain untuk bisa benar-benar mengetahui bagaimana perasaan kucing mereka atau penyakit apa yang sedang mereka derita.

  • Mata mengedip lambat dan pupil mengecil:
    Cat HappyEkspresi ini biasanya menggambarkan bahwa mereka sedang berada dalam mood yang baik. Namun saat pupil mata kucing mengecil hal ini bisa menjadi isyarat bahwa mereka sedang stres.
  • Mata¬†menatap tajam:
    Cat angryKucing melakukan ini untuk mengintimidasi lawan. Kucing dikenal sebagai binatang yang punya kepercayaan diri tinggi dan sering melakukan hal ini. Dalam kondisi seperti ini sebaiknya kita tidak berusaha mendekati atau menyentuhnya.
  • Pupil membesar:
    Cat eyeBisa menjadi penanda jika kucing sedang takut, merasa penasaran, marah atau bisa jadi karena hanya sedang berada dalam ruangan yang gelap dan sedikit masuk cahaya.

Melalui Ekor
cat tail
Selain mata, ekor kucing merupakan indikator yang paling efektif untuk mengetaui mood kucing. Dengan mengingat posisi-posisinya dan kebiasaan-kebiasaan yang dia lakukan, kita bisa mengetahui perasaan mereka dan bereaksi cepat jika mereka sedang membutuhkan pertolongan.

  • Ekor tegak lurus ke atas: Menunjukkan bahwa kucing sedang berada dalam mood yang baik.
  • Ekor tegak lurus ke atas dan¬†ujung melenting: Menandakan kucing masih berada dalam mood yang baik, tetapi mereka lebih waspada dengan keadaan sekitar. Barangkali saat itu baru saja ada orang lain atau hewan yang datang dan menarik perhatiannya.
  • Ekor masuk di antara kaki dan bulunya mengembang: Bisa diartikan bahwa kucing sedang ketakutan. Kucing kita akan melakukan hal ini ketika dia merasa ketakutan atau kaget terhadap sesuatu.
  • Ujung ekor bergerak-gerak lambat: Gestur ini menandakan bahwa kucing sedang berkonsentrasi saat mengamati objek yang baru dia lihat.
  • Ujung ekor bergerak lebih cepat: Gestur ini menandakan jika dia sedang merasa tidak nyaman dengan objek yang dia amati tadi, contohnya kedatangan kucing baru di rumah.
    ekor kucing
    Ekor tiba-tiba tegak lurus dan bulu mengembang: Menandakan bahwa kucing menyerah dengan keadaan, contohnya: kucing yang dia perhatikan atau objek tersebut ternata lebih besar dari yang mereka perkirakan.
  • Ekor berayun dari satu sisi ke sisi lain tak beraturan: Gestur ini bisa menjadi isyarat tanda bahwa kucing siap beraksi, entah tindakan marah atau merasa takjub dengan objek itu. Kucing-kucing yang berkarakter agresif biasanya sering melakukan ini.

Itulah tadi beberapa cara memahami mood kucing dengan cara melihat bahasa tubuhnya. Segela kebutuhan kucing mulai dari makanan, shampo, dan kebutuhan lain bisa kamu dapatkan di Pets.id

We Love Pets, Do You? Spread It!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pets are humanizing. They remind us we have an obligation and responsibility to preserve and nurture and care for all life. Agree? Spread the world!