makanan anjing

Written by

Klasifikasi Pet Food

News| Views: 2087

Mempelajari soal pet food dan masing-masing tipenya merupakan cara terbaik untuk memilih mana yang terbaik dan paling cocok untuk bintang peliharaan kita. Sekarang ini di pasaran sudah tersedia berbagai macam dog food dan cat food, mulai dari merk, dan rasanya.

Untuk kamu yang memang cinta dengan hewan peliharaan, pasti akan memperhatikan soal kebutuhannya terutama dari segi kualitas makanan.

Namun faktanya, masih banyak pecinta binatang belum benar-benar paham dengan kualitas dog food, cat food ataupun tipe makanan hewan yang mereka beli, masih banyak yang hanya peduli soal “ selama anjing / kucing saya suka makanannya ya tidak ada masalah”.

Masing-masing ras anjing, kebutuhannya juga tentu berbeda. Dan menjadi tanggung jawab Anda untuk memenuhinya. Ada banyak dog food dan cat food dimana Anda harus memilih salah satu yang terbaik untuk hewan kesayangan kamu. Selain makan pokok, kamu juga bida menambahkan suplemen untuk sebagai pelengkap nutrisi.

Tipe makanan hewan yang umum dipasaran
Ada lima tipe pet food berdasarkan bentuk fisiknya, namun di Indonesia hanya 2 jenis saja yang umum ditemui baik itu di petshop maupun di pasar swalayan yang ada di kota-kota besar, yaitu:

  • Wet Foods
    wet foodWet foods adalah makanan yang mengandung air yang cukup tinggi. Terbuat dari bahan-bahan yang dimasak pada suhu yang tinggi dengan tujuan mensterilkan makanan dan mencegah pertumbuhan jamur pada kaleng kemasan. Makanan jenis ini tersedia dalam bentuk kaleng dan kantong kemasan pada umumnya. Memberikan makanan jenis ini kepada anjing bisa membantu menjaga kesehatannya.
  • Dry Foods
    Dry FoodJenis makanan hewan ini kadar airnya rendah dan memiliki tekstur. Bentuknya hampir sama seperti biskuit yang dikonsumsi manusia. Dry Foods kaya akan kandungan protein dan memenuhi kebutuhan tubuh lebih efektif. Makanan ini kadang dipakai sebagai pelengkap untuk meningkatkan kualitas nutrisi.

Secara sederhana, penjelasannya seperti itu, namun yang harus sangat diperhatikan adalah kualitas dari makanan hewan itu sendiri. Dari mulai kualitas ‘buruk’ sampai kualitas Holistic yang setara dengan makanan dari bahan-bahan yang benar-benar alami.

Beberapa produk di pasaran dengan brand baru yang belum dikenal sering mencantumkan keterangan “super premium”. Hati-hati banyak sekali produk yang muncul di pasaran yang hanya bagus di kemasannya, namun aslinya bahan makanan yang digunakan adalah bahan makanan berkualitas rendah.

Untuk mengetahui kualitas dari pet foods yang akan kita beli, bisa dengan mudah dikenali dengan melihat bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan produk tersebut.

Kualitas Dog Food dan Cat Food
Anjing atau kucing tetaplah hewan, secara alami mereka akan mengkonsumsi makanan yang kita berikan kepada mereka, apalagi saat mereka benar-benar lapar. Maka dari itu, kita sebagai pemilik mereka harus memastikan kualitas pet foods yang kita. Berikut ini tingkatan kualitas pet foods:

1. Grocery Quality
Grocery doogfood
Grocery pet food adalah makanan hewan dengan kualitas biasa yang banyak dijual di supermarket. Pet food level grocery kebanyakan menggunakan bahan dasar utama dari beras, sereal, jagung, dan kedelai. Untuk sumber protein menggunakan telur, tepung tulang, darah hewan, atau dari hewan lainnya seperti usus, hati, dan jeroan lainnya. Grocery pet food biasanya masih memakai bahan pengawet kimia, MSG dan bahan perasa kimia.

Makanan jenis ini sebenarnya kurang layak untuk dikonsumsi oleh anjing. Anjing itu pemakan daging, sementara bahan utama dari dog food jenis ini adalah grain, dimana bahan tersebut sebetulnya tidak terlalu diperlukan oleh anjing kita terutama pada anakan anjing yang sangat membutuhkan asupan protein dari daging untuk membantu pertumbuhan mereka.

2. Premium Quality
Premium Dog Food
Premium Quality adalah makanan hewan yang dibuat beberapa macam daging seperti daging ayam, daging sapi, daging ayam, ikan, telur dan tambahan protein lain dari tulang, jeroan, darah, bulu, dan sebagainya. Untuk bahan dasar karbohidrat masih memakai jagung dan kedelai selain beras.

Dog food premium quality biasanya sudah tidak menggunakan zat perasa kimia. Yang digunakan sebagai perasanya biasanya dari produk alami seperti keju kering, tepung telur atau bahan-bahan alami lainnya. Kandungan vitamin dan mineral di makanan ini sudah cukup untuk mencukupi kebutuhan nutrisi sehingga tidak perlu ditambahkan makanan jenis lainnya.

Di Indonesia, untuk pet foods jenis ini pun distribusinya sudah jelas dengan hanya tersedia di petshop, klinik hewan, dan Pets.id.

3. Super Premium Quality
super premium dog food
Super Premium Quality adalah makanan hewan yang dibuat menggunakan bahan makanan yang memiliki standart kualitas sama dengan yang dikonsumsi oleh manusia. Seperti daging ayam hanya digunakan daging dari dadanya saja yang kandungan proteinnya paling tinggi. Serta tidak mengandung tulang, jeroan, darah, bulu, dan produk sampingan lainnya.

Untuk sumber karbohidrat biasa menggunakan beras putih, beras merah, dan sereal. Ada juga yang hanya menggunakan daging yang masih segar untuk memastikan kualitas rasa dan kandungan nutrisinya masih dalam keadaaan baik.

Beberapa merek pet food yang masuk dalam kategori Super Premium Quality sudah tidak menggunakan bahan pengawet, kalaupun ada yang masih memakai bahan pengawet biasanya menggunakan bahan pengawet alami seperti Rosemarry Extract, lemak hewan, vitamin Esther C, dan vitamin E.

Brand : Royal Canin, Blackwood, Science Diet, Brit, Meradog tersedia di Pets.id

4. Holistic
holistic dog food
Dog food berkualitas holistic ini merupakan makanan hewan dengan level yang paling tinggi (kelas 1), atau sama dengan makanan yang dibuat dengan bahan-bahan alami untuk hewan kesayangan Anda.

Bahan makanan yang digunakan seperti biji-bijian, daging hewan, sayuran, zat pengawet, dan bahan-bahan lain dapat dimasukan kedalam kategori holistic jika dalam proses pembuatannya, pembesarannya, pemupukannya dan lain sebagainya hanya menggunakan bahan organik, tanpa pestisida, hormon booster, dan zat kimia lainnya.

Brand pet food yang mengakui produknya masuk dalam kategori holistic, akan menggunakan bahan-bahan seperti yang sudah dijelaskan diatas sebagai bahan dasar pembuatan makanannya. Zat pengawet yang mereka gunakan pun hanya sebatas Vitamin C dan Vitamin E. Hal ini dilakukan untuk memperbaiki kualitas hidup hewan bisa berumur panjang dan hidup lebih sehat.

Brand : Acana, Orijen, Timberwolf, Happy Dog, Wellness, Holistic Select, ANF  tersedia di Pets.id

Hewan peliharaan tetaplah mahluk alam yang juga berhak mendapatkan yang terbaik, apalagi untuk soal makanan. Seperti manusia mereka terlahir untuk tidak mengkonsumsi pengawet makanan, perasa buatan apalagi pewarna kimia yang bisa merusak fungsi organ tubuh.

We Love Pets, Do You? Spread It!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pets are humanizing. They remind us we have an obligation and responsibility to preserve and nurture and care for all life. Agree? Spread the world!