Funny Pug

Written by

Kenal Lebih Jauh Dengan Anjing Pug

News| Views: 1552

Siapa tak kenal anjing Pug? Wajahnya yang lucu membuatnya banyak dipilih untuk menjadi binatang peliharaan. Tapi siapa sangka? Anjing jenis ini punya sejarah yang sangat panjang di masa lalu.

Anjing Pug sebenarnya adalah anjing yang berasal dari Tiongkok, mereka termasuk salah satu ras anjing tertua di dunia. Pada masa dinasti Han, anjing pug hanya boleh dimiliki oleh kalangan kerajaan. Kerut-kerut pada wajah pug dianggap mirip dengan tulisan Tiongkok yang berarti “pangeran.” Kata ”pug” sendiri berasal dari Bahasa Latin yang artinya “kepalan tangan,” karena wajahnya memang mirip dengan kepalan tangan manusia.

Anjing pug mulai dikenal dunia luar ketika Tiongkok membuka perdagangan dengan Eropa pada abad 1500. Seorang pedagang asal Belanda membeli anjing pug dan membawanya pulang. Di Belanda, anjing pug dikenal dengan nama anjing Mopshond.

Terkenal di negeri kincir angin, anjing pug kemudian menyebar ke seluruh Eropa. Di Perancis, pug disebut Carlin. Tokoh-tokoh terkenal Perancis yang memiliki anjing pug antara lain adalah Marie Antoinette dan Josephine Bonaparte.

Anjing Pug mulai masuk ke benua Amerika setelah Perang Sipil dan langsung menjadi anjing yang disukai. American Kennel Club memasukkannya ke dalam daftar jenis anjing pada tahun 1885. Pada tahun 1931 terbentuk Pug Dog Club of America.

Ciri fisik anjing pug
Anjing Pug

Yang paling menarik dari fisik anjing pug adalah wajahnya. Kulit wajah bulatnya yang berkerut-kerut, mata besar yang dekat dengan hidung pesek, rahang bawah yang lebih maju dari rahang atas, serta ekspresi wajahnya yang lucu.

Postur tubuh anjing pug biasanya pendek, gempal, terlihat berbentuk kotak, dengan ekor yang melengkung. Idealnya, berat tubuh mereka tidak lebih dari 8 kilogram, baik untuk jenis kelamin jantan maupun betina.

Karakter
Funny PugKarakter anjing ini sangat menggemaskan. Mereka dikenal sebagai anjing yang humoris, manja, dan pandai menghibur manusia. Anjing pug juga adalah jenis anjing yang sangat setia dengan majikannya, mereka akan membuntuti pemiliknya ke mana pun mereka pergi. Pug paling cocok menjadi peliharaan, tidak cocok dijadikan anjing penjaga atau pemburu.

Karakter pug dipengaruhi beberapa faktor seperti faktor keturunan, pelatihan, serta sosialisasi. Waktu memilih puppy pug, sebaiknya amati karakter induknya. Karakter si puppy pug ketika dewasa biasanya tidak berbeda jauh dengan induknya. Pilih puppy pug yang aktif agar bisa menjadi teman.

Kandang 
kandang pugPug jarang berlari-lari saat berada dalam rumah dan mereka bukan tipe anjing yang suka menggonggong keras, cocok tinggal di apartemen. Pug sensitif terhadap udara yang sangat panas atau sangat dingin karena hidungnya yang pendek. Jangan tempatkan anjing pug Anda tidur di luar rumah. Anjing pug merupakan tipe anjing yang harus tinggal di dalam rumah.

Makanan
Pug EatPuppy Pug membutuhkan setidaknya 100 kalori per satu kilogram berat tubuhnya. Sementara anjing pug dewasa membutuhkan 80 kalori per satu kilogram berat tubuhnya. Banyaknya aktivitas, metabolisme tubuh, dan kesehatan ikut berpengaruh dengan asupan makanan untuk mereka. Selain itu berikan cemilan sehat yang diberikan sebagai hadiah setelah mereka sukses melakukan perintah yang Anda ajarkan.

Sumber makanan untuk anjing pug bisa diperoleh dari daging segar dan biji-bijian, sayuran serta buah-buahan. Selain daging, mereka butuh asupan gizi dari beras merah, kacang polong, ubi, wortel, bayam, brokoli, semangka, pisang, buah beri, dan labu.

Kesehatan dan perawatan
pug GroomingMerawat anjing pug harus telaten. Kerut-kerut wajahnya bisa menyembunyikan kotoran di wajah. Bagian lipatan-lipatan kulit, telinga, dan hidungnya herus sering-sering dibersihkan.

Kita juga harus memastikan kuku-kuku anjing pug harus selalu pendek karena mereka sering kali menggores mata besarnya secara tidak sengaja.

Karena termasuk anjing berbulu pendek, Anjing pug cukup dimandikan sebulan sekali. Yang harus diperhatikan adalah, walaupun anjing Pug berbulu pendek, tapi bulu mereka sangat mudah rontok. Ada baiknya Anda membeli penyedot debu kecil, sehingga tidak terlalu repot membersikan bulu pug yang tersebar di rumah.

Anjing pug agak rentan terserang flu dan alergi, apalagi jika sering berada di luar rumah dan berada dalam cuaca yang ekstrem. Selain itu, penyakit yang biasa dialami oleh anjing pug adalah hip dysplasia. Pada kasus ini pinggul anjing pug gagal berkembang sebagaimana mestinya.

We Love Pets, Do You? Spread It!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pets are humanizing. They remind us we have an obligation and responsibility to preserve and nurture and care for all life. Agree? Spread the world!