anjing-dan-keluarga

Written by

Ini Dia Alasan Kenapa Anjing Bisa Akrab Dengan Manusia

Facts, News| Views: 649

Anjing dikenal sebagai hewan yang paling dekat dengan akrab dengan manusia. Keakaraban antara anjing dan manusia ini diyakini sudah terjalin sejak beberapa ribu tahun silam. Mengapa demikian? Keakraban antara anjing dan manusia bisa terjalin karena keduanya punya mekanisme yang sama di otak dalam mengolah informasi sosial.

Hal ini semakin dikuatkan dengan penelitian yang dilakukan oleh beberapa peneliti dari Hungaria yang melakukan riset untuk menjawab pertanyaan mengapa anjing bisa bersahabat baik dengan manusia sejak ribuan tahun silam.
anjing dan manusia
Penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan perbandingan antara otak manusia dengan otak anjing.

Dari penelitian itu menunjukkan bahwa manusia dan ajing sama-sama punya lokasi khusus untuk menerima suara di otaknya. Alasan inilah yang membuat anjing bisa menangkap emosi melalui suara dengan cara yang sama seperti manusia.

“Anjing dan manusia punya lingkungan yang mirip. Kami menemukan fakta bahwa anjing punya mekanisme otak yang sama dengan manusia untuk memproses informasi. Faktor inilah yang mungkin membuat anjing bisa berinteraksi dengan manusia,” kata salah satu peneliti Hungaria, Attila Andics.

Dalam penelitiannya, Andics dan timnya melatih 11 anjing untuk berbaring untuk dilakukan scan otak MRI. Setelah itu, hal yang sama juga dilakukan oleh manusia. Andics menyebut bahwa dalam penelitian dilakukan percobaan neuroimaging baik pada partisipan anjing ataupun manusia. Kemungkinan penelitian ini belum pernah dilakukan sebelumnya.
anjing-dan-manusia
Para peneliti menangkap aktifitas otak anjing dan otak manusia ketika menerima 200 suara. Suara yang diperdengarkan adalah suara anjing ataupun manusia, mulai dari suara rengekan atau tangisan sampai suara gonggongan atau suara tertawa.

Ditemukan fakta jika otak anjing dan otak manusia bisa mencerna suara yang ditangkap pada lokasi yang sama di otak. Tapi tetap saja, anjing memberikan tanggapan yang lebih baik kepada suara anjing lain, begitu juga dengan manusia.

Namun, baik anjing maupun manusia memiliki kesamaan cara dalam merespon suara yang dikeluarkan oleh spesies lainnya (Anjing terhadap manusia, begitu juga manusia terhadap anjing).

“Akhirnya kita mulai memahami bagaimana anjing sebagai teman terbaik manusia ini melihat kita dan berinteraksi ke dalam lingkungan sosial kita,” Attila Andics .

manusia dan srigalaPara peneliti ini memprediksi bahwa anjing pertama kali menjadi teman baik manusia sejak 32 ribu tahun silam, tepatnya pada jaman es di Eropa.

Bukti genetik menemukan bahwa serigala yang merupakan nenek moyang anjing saat ini telah berhasil dijinakkan oleh manusia sebagai pemburu dan pengumpul.

We Love Pets, Do You? Spread It!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pets are humanizing. They remind us we have an obligation and responsibility to preserve and nurture and care for all life. Agree? Spread the world!