adu bagong 3

Written by

Saatnya Hentikan Kegiatan Adu Bagong di Indonesia!

News| Views: 100

Segala bentuk kekerasan terhadap hewan merupakan kegiatan yang melanggar Undang-Undang di Indonesia. Namun mengapa masih terjadi hingga sekarang? Apakah peraturan ini kurang ditegakkan? Salah satu kejadian terbaru mengenai kegiatan kekerasan ini dapat dilihat pada kegiatan adu bagong yang terjadi di beberapa tempat.

adu bagong 1

Courtesy of Liputan6

Adu Bagong sudah dilakukan sejak lama oleh warga setempat di berbagai desa. Banyak alasan mengapa kegiatan ini dilakukan. Warga desa Ciporeat yang berada di kecamatan Cilengkrang yang berbatasan dengan kecamatan Ciburu Kota Bandung mengatakan kalau ini merupakan latihan untuk Anjing.

Warga sekitar mengatakan kalau Bagong atau dikenal juga dengan dugong merupakan hama petani. Anjing yang “dilatih” diajak oleh petani untuk berburu para bagong untuk dibasmi agar tidak merusak lahan.

Kegiatan adu bagong yang dilakukan ini melibatkan satu ekor bagong dan satu atau dua ekor anjing. Kegiatan akan berakhir apabila salah satu pihak berhasil menggigit pihak lainnya. Bahkan di beberapa daerah, kegiatan ini baru berhenti apabila salah satu pihak sudah terluka parah.

Meski memang sudah dikecam, kegiatan adu bagong ini juga masih berlangsung hingga sekarang. Dilihat dari sisi manapun, Adu Bagong merupakan sebuah pelanggaran terhadap Undang-Undang yang melibatkan kekerasan hewan.

adu bagong 2

Courtesy of Fauzan Kesuma

Banyak Warga juga sudah mengirim surat pernyataan mengenai kegiatan yang meresahkan ini. Arena adu bagong yang berada di Kecamatan Pacet, Kota Bandung pun sudah ditutup. Apabila kegiatan tersebut kembali dilakukan, Polisi setempat akan langsung membubarkannya.

Sebagai Pawrents dan selaku Animal Lover, kita juga harus berdiri dan membantu menutup kegiatan kekerasan ini. Bagaimana kamu bisa membantu? Cukup tanda tangani petisi kami yang akan dikirim kepada Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, People for the Ethical Treatment of Animals (PETA), dan Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Bersama-sama kita bisa merubah dan menghentikan kegiatan kekerasan ini!

We Love Pets, Do You? Spread It!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pets are humanizing. They remind us we have an obligation and responsibility to preserve and nurture and care for all life. Agree? Spread the world!