Written by

Mengenal Gejala Glaukoma pada Kucing Kesayangan Kamu

Facts| Views: 104

Kucing kamu kelihatannya sedang sakit? Tidak? Coba kamu periksa sekali lagi. Mungkin dari penglihatan kamu tidak ada yang bermasalah dengannya. Tidak ada luka maupun perubahan pada sikap kesehariannya. Tapi bagaimana pada bagian mata? Ada baiknya jika kamu periksa mata kucing kamu untuk melihat gejala glaukoma pada kucing kesayangan!

Apa itu Glaukoma?

Glaukoma adalah sebuah penyakit mata yang tidak hanya ada pada manusia saja tapi juga pada kucing. Penyakit ini muncul ketika cairan mata tidak mengalir seperti seharusnya. Cairan tersebut menggumpal hingga akhirnya menekan saraf optik mata. Jika tidak diobati, mata yang terinfeksi bisa semakin memburuk hingga akhirnya buta.

 

Mengenal Tipe Glaukoma

Ada dua tipe glaukoma yang bisa menyerang kucing kamu, Glaukoma Primer atau sekunder.

Perbedaannya? Glaukoma primer merupakan penyakit turunan yang muncul pada beberapa ras seperti Siamese dan Burmese. Gejala primer dianggap langka tapi bagi yang terinfeksi, gejala akan muncul pada kedua mata.

Untuk tipe sekunder, glaukoma sekunder lebih umum dan bisa muncul pada satu atau kedua mata. Kemunculannya pun tidak bisa diprediksi. Bisa saja seekor kucing terkena glaukoma yang buruk pada salah satu mata tapi sehat di mata lainnya.

 

Penyebabnya

Salah satu penyebab Penyakit Glaukoma adalah uveitis, yaitu peradangan mata yang membentuk protein dan puing sehingga menghalangi saluran aliran mata. Cairan mata kemudian menggumpal dan menekan saraf mata. Uveitis juga dapat disebabkan oleh FIV (feline immunodeficiency virus), FeLV (feline leukemia virus), toxoplasmosis, dan FIP (feline infectious peritonitis).

Penyebab lainnya bisa menyangkut dislokasi lensa mata, tumor, lensa yang pecah, dan pendarahan pada mata.

Gejala-gejala Glaukoma

Bagaimana mengetahui jika kucing kamu mengidap glaukoma? Cara paling cepat dan pasti adalah mengunjungi dokter hewan dan bertanya kepadanya langsung.

Bukan berarti kita tidak bisa melihat gejala tersebut sendiri. Cara mendeteksinya adalah pastinya kamu sadar kalau kucing kamu sedang kesakitan. Matanya mungkin tertutup sebagian, mungkin ia akan menggaruk matanya, atau ia akan menghindar jika kita akan mengelus area matanya.

Mata kucing kamu juga mungkin membesar. Bagian kornea(bagian jernih dari mata) akan terlihat biru. Mata Kucing kamu juga mungkin akan juling, sikapnya berubah, dan ketika semakin parah kucing kamu juga akan menunjukan tanda membuta.

Kalau gejala ini tiba-tiba terjadi langsung kunjungi Dokter Hewanmu.

 

Perawatan Glaukoma

Ketika dokter hewanmu menyatakan kucing kamu mengidap glaukoma, tujuannya adalah untuk mengurangi tekanan pada mata se-efisien mungkin. Dokter hewan akan memberikan obat tetes mata khusus untuk kucing kamu. Bahkan bisa saja ia akan merekomendasikan steroid untuk mengurangi peradangan. Pengobatan ini juga akan memperlambat pembutaan.

Jika sudah buruk sekali, ada dokter yang akan merekomendasikan operasi. Ketika pengobatan biasa dianggap tidak efektif, mata yang terinfeksi mungkin akan dihilangkan.

Pengobatan jangka panjang mungkin akan dibutuhkan. Semua tergantung pada diagnosa dokter hewan berdasarkan penyebab dan efektivitas pengobatan yang diberikan dokter kamu.

We Love Pets, Do You? Spread It!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pets are humanizing. They remind us we have an obligation and responsibility to preserve and nurture and care for all life. Agree? Spread the world!