Written by

Ingin Tahu Cara Merawat Kucing yang Baik? Tips dari Komunitas Kucing bisa Membantumu!

Facts| Views: 1183

Sedang kesulitan merawat si meong? Atau ingin memelihara kucing tapi bingung bagaimana merawatnya? Jangan khawatir karena Pets.id punya solusinya! Pets.id mewawancarai salah satu anggota komunitas kucing yang juga merupakan Buyer setia dan juga Cat Lover sejati. Namanya Rudy dan kita menanyakan bagaimana cara merawat kucing yang baik!

rudy-komunitas

1. Berapa Kucing yang Kak Rudy Miliki Sekarang?

Saat ini saya memelihara 4 Kucing, 1 Ras Persia Himalaya Betina, 2 Mix Dome Betina dan 1 Dome Jantan. Nama mereka adalah Lily, Bapus, Chloe, dan Bailey.

 

 

2. Bagaimana Cara Kak Rudy Merawat Keempat Kucing Tiap Harinya?

Pastinya berikan makanan dan minuman yang cukup. Saya sendiri karena saya tinggal kerja, saya berikan makanan dan minuman secukupnya pada pagi hari dan kemudian sekali lagi pada malam hari.

Berikan juga Vitamin-vitamin yang dibutuhkan untuk mendukung kesehatannya seperti Imbost kids /Lysine untuk menjaga imunitasnya. Vitamin lain seperti Cervico untuk vitamin bulu dan Catfortan untuk tulang yg kuat juga bisa diberikan. Vitamin-vitamin ini juga tidak perlu diberikan setiap hari, biasanya cukup 3x seminggu karena bisa memperberat fungsi ginjal.

Pastikan juga kita memberikan Cat Food yang baik karena semua Vitamin penting yang dibutuhkan ada pada Cat Food.

3. Kalau Untuk Masalah Kebersihan, Kak Rudy Memandikan Kucingnya Kapan Saja?

Untuk memandikan kucing tergantung kucingnya apakah berbulu pendek atau panjang dan apakah ia kucing outdoor atau indoor. Untuk ras dome bulu pendek dan indoor cat bisa 3 minggu sekali tapi untuk ras bulu panjang atau outdoor cat biasanya 2 minggu sekali dan disertai dengan sisir tiap 2 hari sekali. Kenapa harus menyisir? Karena untuk mengangkat bulu-bulu mati yang bisa mengakibatkan muntah hairball.

Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan Litterbox secara rutin minimal 2 kali sehari dan mencuci kotaknya dengan disinfektan seminggu sekali serta mengganti pasirnya.

 

4. Menurut Kak Rudy, Keunikan dari Kucing itu apa?

Kalau menurut saya, Keunikan kucing banyak. Salah satunya mungkin karena kucing adalah hewan yang lebih mandiri dari anjing.  Mereka bisa kita tinggal dan mereka bisa bermain sendiri tapi bukan berarti kita tidak perlu mengajak mereka main. Bermain bersama merupakan kegiatan bonding yang penting dan mereka juga perlu merasa disayangi, dimanja, dan diperhatikan.

Kemudian kucing juga lebih mudah dilatih toilet training atau buang air pada tempatnya. Mungkin ini karena mereka sudah biasa mencari pasir untuk menutupi kotoran mereka (dari predator). Maka kita hanya perlu menyediakan Litterbox atau bak pasir dan dilatih sebentar hingga mereka buang air disana untuk pertama kali. Selanjutnya mereka akan selalu buang air disana kecuali pada saat-saat tertentu seperti stress atau sakit.

 

5. Kalau semisalnya kucing saya sedang sakit, bagaimana merawatnya?

Jangan pernah meremehkan kucing yang sedang sakit terutama jika ia tidak ada nafsu makan. Segara bawa ke dokter hewan dan konsultasi mengenai perawatannya. Kunci dari merawat kucing yang sedang sakit adalah mereka harus tetap mendapat asupan makanan, minuman, dan pastinya obat dari dokter.

Agar bisa meningkatkan imunitas dan melawan penyakitnya dibutuhkan kesabaran supaya kucing tetap nyaman, diperhatikan dan tetap dapat asupan yang cukup agar cepat sembuh.

 

6. Sekarang kita sering melihat banyak Kucing Liar. Menurut Kak Rudy sendiri bagaimana meminimalisir hal ini?

Kalau di luar Indonesia dikenal metode TNR yang berarti Trap, Neuter, Release. Disini kucing liar ditangkap dengan cara manusiawi kemudian disteril dan dirawat pasca steril hingga luka steril sembuh. Lalu yang perlu dilakukan adalah mengembalikannya ke habitat asli.

Untuk membedakan kucing liar yang sudah steril atau belum perlu disertai ear tip. Daun telinga kucing dipotong sedikit dan ini tidak akan menyakiti kucing karena dilakukan saat masih dibius. Ini berfungsi sebagai tanda yang jelas dan berlaku internasional bahwa kucing tersebut sudah steril dan tidak membutuhkan steril berulang.

“If you feed them, you have to fix them” yang berarti kalau kita memberi kucing makan sebaiknya kita juga sterilkan kucing tersebut.

 

7. Menurut Kak Rudy, ketika mendengar kata kucing, apa yang muncul di pikiran kakak?

Sahabat. Sahabat terbaik yang bisa kalian miliki.

Terima kasih banyak kepada Kak Rudy yang sudah meluangkan waktunya untuk diwawancari oleh tim Pets.id. Semoga dengan adanya tips dari salah satu anggota komunitas kucing ini, Pawrents dan Cat Lovers lainnya bisa lebih baik merawat teman kecil kalian ya. Dan kalau butuh perlengkapan kucing, langsung saja beli di Pets.id!

We Love Pets, Do You? Spread It!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pets are humanizing. They remind us we have an obligation and responsibility to preserve and nurture and care for all life. Agree? Spread the world!